03 Juni 2013

Holi..maksudnya Kuli-day 1

hai semua, apa kabar? akhirnya ini post pertama di tahun 2013 ini..ya sudah, saya langsung cerita saja mengenai judul yang sudah ada..

"First day at school, make me proud!" "I will,mama!" (Goal! 2)

Karena bulan-bulan ini sudah memasuki hari libur (bagi yang ujian nasional), maka tempat saya mencari ilmu pun juga memasuki tahap akhir. Maka dari itu, saya bersama teman-teman pergi ke jakarta, tepatnya di BSD untuk liburan....

oh maaf bukan liburan, ternyata kami pergi ke BSD untuk pergi bekerja sebagai kuli bangunan..

iya kuli bangunan, ga usah sok kaget gitu dong ah..

singkat cerita, kami tiba di BSD, lalu dipencar menurut kelompok masing-masing..perlu diketahui bahwa satu kelompok dua orang, jadi ya begitu deh.. Kelompok saya diutus ke sebuah kos-kos-an mewah yang berada di belakang Mal Ambas, daerah DKI..akhirnya, setelah hampir setahun, saya melihat kembali kota Jakarta dengan ciri khasnya yang paling utama: macet. Namun, sebelum ke tempat tujuan, kami diantar ke daerah tulodong untuk melihat proyek si bos(yang punya proyek kos-kos-an mewah) di sana. ternyata di sana terjadi problem yang lumayan besar, dan itu menyangkut premanisme di sana.. setelah berbicara dengan si bos dan beberapa pihak terkait, masalah itu pun selesai(untuk sementara waktu)..itupun berkat kebijaksanaannya si bos yang benar2 baik.. Ada kesalahpahaman yang terjadi di sana, kata si bos sewaktu menceritakan masalah itu kepada kami.. Setelah itu kami diantar menuju tempat tujuan..

udah gitu aja?terus lo langsung kerja?

bentar, ini belom selesai..

sebelum mulai kerja, kami diajak si bos makan Bakmi ji-em di Ambas..wahwahwah, kuli macam apa ini sebelum kerja makan bakmi? bos kami memang sangat baik..mana sewaktu kami makan banyak pemandangan2 yang ada pula.. ah, Tuhan maha asyik.. Tak lupa juga kami mengobrol sebentar sembari menunggu makanan tiba.. Selesai makan sampai kenyang, kami pun diantar menuju tempat kami bekerja..setelah diantar dengan baik oleh sang bos+dilihatin dengan tatapan yang kurang nyaman oleh para pekerja, kami pun mulai bekerja.. Hari pertama ini kami bekerja mengikat kawat pada besi pondasi.. Tak lupa sebelum bekerja kami berkenalan dengan para pekerja di sana agar lebih akrab. memang sulit pada awalnya, namun lama kelamaan kami terbiasa untuk itu sehingga tak terasa waktu sudah menunjukkan pukul enam belas dan mandor kami menyuruh kami untuk istirahat.. akhirnya kami pun istirahat sambil mengobrol dengan penjual di sana(biasa, setiap ada proyek pasti ada yang jualan di sana)..

banyak hal yang dapat diambil dari apa yang telah terjadi hari ini.. emosi semata tidak dapat menyelesaikan masalah, apalagi hanya mengandalkan pengaruh dan kekuatan semata.. Dengan mendengarkan dan mau mengerti orang lain dan penderitaannya, itu membuat saya lebih siap untuk menghadapi masalah serupa.. beranilah untuk memulai inisiatif terlebih dahulu demi mulainya keakraban dan pencairan suasana, seperti misalnya membeli barang di warung untuk mulai mengobrol akrab dengan penjual warung tersebut... dan last but not least, hargailah kebaikan orang lain sekecil apapun,melalui kebaikan si bos, saya menjadi terpacu untuk bekerja giat demi kelancaran proyeknya si bos..danke!

akhir kata, this is just a beginning,,the truth will be revealed soon..


ciao!

Tidak ada komentar: