04 Juni 2013

Holi...maksudnya Kuli-day 2

langsung saja saya ceritakan saja hari kedua Kuli-day..

my day begins..

ada yang bilang bahwa pengalaman adalah guru yang paling berharga..

dan memang benar adanya..

pengalaman pertama kali tidur di bedeng itu tidak ada yang bisa menggantikan, menghadapi nyamuk-nyamuk dan lalat-lalat ketika malam tiba, berdesak-desakkan dan menahan ego untuk tidak mengubah posisi tidur sembarangan, dan yang terpenting adalah menyiapkan diri untuk bangun pagi dan bekerja..

dan hari esok tiba..

bangun pagi, cari sarapan, dan mulai bekerja..ini adalah hari pertama bekerja secara penuh(maksudnya dari pagi)..sepiring gado-gado mengawali hari yang indah ini,,dan pekerjaan pertama adalah mengangkat semen untuk mengecor pondasi bangunan..terlihat sepele, karena cuma angkat-mengangkat..

yakin sepele?cius?

ga sesepele itu..satu ember semen itu berat kawan, kami mengangkat masing-masing orang dua ember penuh semen..bukan semen yang "itu" ya,tapi semen yang buat bangunan itu..setelah 4 jam mengangkat semen dan mengecor pondasi dengan ditemani oleh matahari yang sangat senang karena mengadakan diskon besar-besaran *eh salah.. bukan diskon deng, tapi sinarnya yang sangat terang sehingga kami semua kepanasan, kami pun beristirahat karena sangat lelah dan bersiap untuk menuju babak kedua, babak pertamanya tadi..
dan babak kedua dimulai dengan........membersihkan sampah-sampah..

iya membersihkan sampah-sampah, yang kayak pemulung itu loh..

jangan pasang tampang sok kaget gitu dong ah..


nah, mulailah kami berdua mengais sampah seperti pemulung..mengapa kami mengais sampah?karena di tempat proyek itu harus bersih dari sampah-sampah berserakan,kalo perlu sampah-sampah masyarakat juga bisa dibersihkan..nah, mulailah kami membersihkan sampah-sampah sampai 80% bersih..ya lumayan lah bagi pemula yang terlalu memforsirkan diri pada babak pertama..tidak terasa sudah jam 4 sore, itu tandanya kami beristirahat dan mandi..sore itu hujan turun dengan deras, tapi hanya sebentar.. sore itu kami habiskan dengan mengobrol bersama dengan para pekerja..berbagai macam hal kami obrolkan, mulai dari pekerjaan hari ini sampai bedeng yang bocor..

lagi-lagi banyak hal yang saya dapat...jangan pernah memandang rendah orang lain mentang-mentang status dan pekerjaannya rendah..penerapan di lapangan kadang ga sama dengan teori-teori yang ada..kenali batasmu, buatlah batas itu semakin tinggi dan tinggi, sehingga bisa terpacu untuk lebih baik lagi lagi dan lagi..gali pengetahuan tentang apa yang belom kamu ketahui sedalam-dalamnya, jangan malu untuk bertanya dan berbasa-basi..

akhir kata, money can't buy values of life and experiences..it's priceless..

adios!

Tidak ada komentar: